Tebar Jempol

13 April, 2011

Daftar Adaptasi Sinetron

Well, masih dengan abang Rain. Hoho,,, masih penasaran dengan dunia persinetronan Indonesia nih. Hehe,,, Ya, ini hanya ulasan ane sebagai penonton. Namanya juga tontonan, ada positif ya diambil, negatif buang aja ke laut. Tapi, apakah kita hanya akan menjadi sekedar penonton seperti itu? *SloganBersama* Yuk ah jadi penonton yang cerdas!!! *Rain banget nih ^_^*

Tanpa mencoba mendiskreditkan pihak-pihak tertentu. Iseng-iseng, ane vacation ke rumahnya Mbak Google. Widiiihhh,,, ternyata banyak bener sinetron atau bahkan film yang -entah- disebut menjiplak, menyadur, mengadaptasi, atau apa pun namanya, terhadap karya film/serial luar. Banyak yang memang secara terang-terangan menyatakan menjiplak dengan izin dan lebih banyak lagi yang tanpa izin dengan anggapan bahwa sinetron itu bukan menjiplak, hanya "terinspirasi".

Bagi ane sendiri, sebuah karya tetap aja sesuatu yang perlu dihargai, sekali pun tidak harus dengan uang. Ada baiknya sekalipun itu hanya "terinspirasi", tetap harus dicantumkan. Karena ide itu mahal. (Sangat kerasa ketika ane nulis, inginnya orisinil, tapi tetep aja ada bagian tertentu yang mirip dengan cerita lain, namanya juga hidup, selalu berulang). Maka dari itu, ide yang benar-benar orisinil sangat susah dan sangat patut kita hargai. Betul, gak???

Untuk daftar sinetron atau film Indonesia yang mengadaptasi karya luar, ada di link ini:
Daftar Adaptasi Sinetron
Daftar Contekan FIlm Indonesia


Sebenernya ane ingin copas langsung di sini, tapi gak bisa karena dilock sama penulisnya. Well, nevermind lah. Gak salah juga kalau kita langsung meluncur ke rumah blognya langsung, sekalian silaturrahim sbg tanda penghargaan terhadap tulisan/karyanya. Hehe,,, Yang udah baca,,, comen ya di sini. :)


Sampai jumpa di pernak-pernik sinetron Indonesia lainnya. See you,,, :)

2 comments:

  1. mo komen apaan yak???...*Garuk2Jenong*...

    mo jadi penonton cerdas jg susah amir yak?? secara bawaannya jg dr dulu gak cerdas. aplgi bagi nyang msh "masa belajar"...???...

    mungkin peran org tua dan lingkungan baik sangat ngefek yak?? dmn setiap ada tontonan setiap individu gak menerima secara "mentah2" oleh penonton tp ada baiknya di share/ diskusi.

    ya ane setujah, mslh menjiplak n t'insnpirasi mmg ssh dibedakan tp tentu aja ada aturan2nya dlm dunia ini.
    Seperti halnya lagu yg ane tau lagu dikatakan menjiplak jika dlm lagu terdpt nada yg sama lbh dr 8 oktaf atau 8 apalh ane gak paham!!! itu slh satunya...nah bgitu jg mkn dgn cerita!!!....

    #hehehe..jadi panjang komennya!!

    ReplyDelete
  2. Mak Wo: Yup,,, semua jg belajar kok. Itu yang ane belum cari, tentang regulasinya cerita dianggap menjiplak atau gak. Peran KPI jg mnurut ane skrg kurang. Belum maksimal.

    ReplyDelete

Cuap-Cuap Kamu?